Warga Vina Sejahtera Di Kejutkan Dengan Lahan Kosong Yang Terbakar

Prabumulih, Prestasipost.com_Sebuah lahan kosong yang berada di pemukiman padat penduduk tepatnya di Komplek Perumahan Vina Sejahtera 1, RT 07 RW 08, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur terbakar.

Kebakaran yang terjadi pada Sabtu sore sekira pukul 16.00 WIB ini membuat heboh warga Perumahan Vina Sejahtera dan Perumahan Cindai. Pasalnya lokasi lahan yang diduga sengaja dibakar oleh pemiliknya itu berada tepat di samping pemukiman padat penduduk.

Parahnya lagi, saat kebakaran terjadi salah satu warga sedang menggelar hajatan pesta perkawinan yang tidak jauh dari lokasi pembakaran lahan. Warga pun merasa cemas dan terganggu dengan besarnya kobaran api dan kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran tersebut.

Indra salah seorang warga setempat mengaku meskipun ada sejumlah pekerja yang berada di lokasi pembakaran lahan untuk berjaga-jaga, namun ia khawatir kobaran api akan menjalar ke pemukiman warga. Apalagi lahan tersebut merupakan lahan semak belukar dan banyak ditumbuhi bambu yang sangat mudah terbakar.

“Kami lagi sibuk dengan hajatan kawinan, tibo-tibo api sudah besak. Keluarga dan tamu undangan yang masih ado di lokasi hajatan jadi cemas galo. Sisip dikit agek api dak terkontrol dan nyambar ke rumah warga,” ujarnya kepada LapartaNews.com saat dibincangi di lokasi kejadian.

Hal senada juga diungkapkan oleh Reni warga Perumahan Cambai yang mengaku terkejut melihat kobaran api berada tepat di belakang rumahnya. Api terlihat jelas dari balik pagar beton pembatas komplek perumahan dengan lahan kosongan yang terbakar.

“Ujinyo sengajo dibakar oleh pemilik lahan. Soalnyo lahan itu nak dibukak perumahan. Tapi dak tau siapo yang punyo lahan itu. Harusnyo kalau nak bukak lahan jangan dibakar cak ini. Asapnyo kemano-mano, kami warga disini cemas kalau api menjalar ke pemukiman kami,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang pekerja yang enggan menyebutkan namanya mengaku sengaja diperintah oleh pemilik lahan untuk membakar lahan tersebut. Agar api tidak menjalar dan meluas ke lahan lainnya mereka berjaga-jaga dengan menyiapkan alat semprot yang biasa digunakan untuk menyemprot tanaman.

“Kami cuma disuruh oleh yang punyo lahan. Tapi apinyo kami awasi terus,” katanya.

Terpisah, Kapolres Prabumulih AKBP I Wayan Sudarmaya SH SIK MH melalui Kasatreskrim AKP Abdul Rahman SH saat dikonfirmasi mengaku telah mendapatkan laporan adanya kebakaran lahan yang disengaja dilakukan oleh warga. Pihaknya telah mengamankan dua orang pekerja yang diduga sebagai pelaku pembakaran untuk diperiksa lebih lanjut.

“Ada aturan untuk membuka lahan dengan cara dibakar. Setidaknya harus izin kepada instansi terkait, apalagi fatalnya pembakaran lahan ini dilakukan disaat musim kemarau. Kasus ini masih kita dalami lebih lanjut,” pungkasnya. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*