Turnamen U-19 Gubernur Cup Resmi Di Buka Bupati Pali

PALI, PRESTASIPOST.COM_Turnamen sepak bola U-19, memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2019 di Kabupaten PALI secara resmi dibuka,  acara pembukaan turnamen sepak bola tersebut dilangsungkan diGOR Desa Raja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI Sumatera Selatan (Sumsel) pada Jum’at (05/07/19), ditandai dengan secara simbolis  dilakukannya Kick Off.

Hadir pada acara pembukaan itu yakni, Gubernur Sumsel  H. Herman Deru yang diwakili dinas DPMD Provinsi Sumatera Selatan H. Yusnin S Sos Msi, Bupati PALI Ir. H. Heri Amalindo MM, Perwakilan dari 5 Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan yaitu Kabupaten Mura, Kabupaten Muba, Kabupaten OKI dan Kabupaten OKU Timur,  Ketua Pelaksana, unsur Muspida dan Muspika Sumsel dan PALI, para peserta turnamen dan ribuan tamu undangan serta dimeriahkan oleh Marching Band SMPN.1 Tanah Abang Kabupaten PALI.

Ketua Pelaksana Turnamen tersebut yakni Kadin DMPD Kabupaten Pali A.  Gani SH, mengatakan,” tujuan kegiatan ini adalah untuk menjaring dan mencetak atlet sepak bola berbakat, hebat dan profesional, menyelenggarakan kompetisi sepak bola mulai dari dini yang unggul di setiap daerah, melakukan sosialisasi dengan menggelar turnament sepak bola di Sumsel untuk meningkatkan prestasi sepak bola di tingkat nasional maupun Internasional”. Ujarnya.

Ditambahkannya, peserta yang ikut pada piala Gubernur Sumsel khususnya di Kabupaten PALI yaitu sebanyak 16 Club, dengan  tim berasal dari 5 kecamatan dan 16 tim dari Kabupaten PALI, sedangkan sistimnya menggunakan sistim gugur, dan tempat bermain di stadion GOR Desa Raja Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI. Para pemainnya adalah U-19 yang usianya paling tua per 1 Nopember 2000,

“Dan harus putra daerah PALI  dibuktikan dengan KK, raport dan ijazah, ini tujuannya adalah mencari talenta-talenta yang benar-benar asli putra daerah, sebab kedepan Sumsel akan benar-benar memberdayakan pemain asli putra Sumsel,” ujarnya.

Dikatakan Gani, untuk peserta Piala Gubemur Sumsel adalah tim yang sudah melakukan pendaftaran administrasi dan Iolos screening pemain.

” Peserta Turnamen Sepak Bola U-19, tiap Kabupaten/Kota maksimal 32 club dan minimal 10 club. Untuk kick off pada Bulan Juli 2019 di PALI dan Puncak Final di Bulan November 2019 di Palembang,” terangnya.

Bagi setiap pemenang, sambungnya,  berhak mewakili Kabupaten/Kota masing-masing untuk bertanding di Palembang. Untuk para pemenang selain mendapatkan trophy bergilir dan tetap, juga akan mendapatkan uang pembinaan,. Sedangkan pemain terbaik dan topskor pasti dapat uang, jelasnya.

Sementara itu Bupati PALI Ir. H.  Heri Amalindo MM, mengatakan permainan sepak bola adalah olahraga yang unik dan familiar sehingga menjadikan tontonan yang menarik dan digemari oleh masyarakat kota sampai dengan pelosok daerah.

” Namun demikian prestasi persepak bola Indonesia masih jauh dari harapan. Bagi negara maju sepak bola bukan saja prestasi tetapi prestise karena sudah menjadi industri yang bisa menjamin hidup bagi para pemainnya.

Diharapkan melalui turnamen sepak bola piala Gubernur Sumatera Selatan ini, selain sebagai ajang pencari bibit yang berprestasi khususnya untuk Kabupaten PALI juga berdampak positif untuk pemberdayaan masyarakat sesuai dengan visi dan misi yang Merakyat Pali Cemerlang SerasiNia”. Ujarnya.

Gubenur Sumsel H. Herman Deru SH,  di wakili Kadin DPMD Provinsi Sumatera Selatan H. Yusnin S SOS.  Msi, menyampaikan pihaknya sangat apresiasi sekali atas persiapan dan penyelenggaraan yang telah dilakukan oleh Pemkab PALI. Untuk para pemain dan wasit untuk benar-benar serius karena para pemenang akan mewakili Sumsel pada PON dan Porwil yang akan datang.

” Karena kedepan, Sumsel bukan saja sukses sebagai penyelenggara, tetapi sukses juga di dalam prestasi. Sebab saat ini, kita sedang membenahi SFC club kebanggaan wong Sumsel, dan kedepan bukan saja menjadi kebanggan wong Sumsel, juga menjadi kebanggaan Indonesia.

Dan ini harus didukung semua pihak, termasuk stake holder yang beroperasi diwilayah Sumsel”. Ucapnya.

Dikatakannya, kegiatan ini dasarnya adalah Instruksi Presiden (Inpres) No 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Sepak bola Nasional dan Internasional, sebagai tindaklanjut implementasinya untuk provinsi Sumatera Selatan adalah melalui kegiatan ini. (MtrPost/ADV Humas Pali)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*