Mantan Dirut PDAM kota Prabumulih Divonis 1,3 Tahun Penjara

PRABUMULIH,PRESTASIPOST.COM_Hakim pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor) palembang pada 3 maret 2020 lalu, akhirnya memutuskan kasus IS, terdakwa tipikor di perusahaan daerah air minum (PDAM) tirta prabujaya kota prabumulih.

IS sudah ditahan sejak 5 desember 2019 lalu. mantan direktur PDAM prabumulih ini divonis pidana 1 tahun 3 bulan kurungan penjara dan denda Rp50 juta, serta membayar uang pengganti sebesar Rp.266 juta rupiah.

“Jika tidak membayar denda tersebut, maka ditambah subsider selama satu bulan kurungan. Sedangkan kerugian negara Rp sebesar Rp.266.982.945,33 yang harus dikembalikan terdakwa. Saat ini yang bersangkutan telah membayar kerugian tersebut,” ujar Kepala Kejari Prabumulih, Toping Gunawan SH MH melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Wan Susilo Hadi SH kepada KS.com, Jumat (6/3/2020).

Sejak putusan hakim, jika terdakwa tidak ada mengajukan banding dalam tujuh hari, maka vonis tersebut akan inkrah. Namun, usai majelis hakim membacakan vonis tersebut, terdakwa langsung menyatakan pikir-pikir. Begitu juga dengan JPU tindak pidana khusus kejaksaan negeri prabumulih yang diwakilkan oleh JPU rizki nuzly ainun S.H.,M.H.

Dalam perkara ini ada belasan saksi yang sudah dipanggil untuk dimintai keterangan. Selama masa penahanan hingga penuntutan, terdakwa disebutkan jaksa cukup kooperatif. Meski tidak membawa pengacara dalam kasusnya, terdakwa didampingi kuasa hukum dari pengadilan tipikor palembang karena masa tuntutannya di atas lima tahun.

Sampai detik ini, terdakwa mengaku bahwa dia bermain sendiri dalam kasus penggelapan uang perjalanan dinas PDAM tirta prabujaya kota prabumulih. (E09/dn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*