Akibat Kelangkaan Pupuk Subsidi Jenis Urea Petani Lalan Merintih

Lalan,Muba,Prestasipost.com_Para petani di sejumlah wilayah di Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin merintih karena kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi jenis Urea. Akibat kelangkaan tersebut para petani menggantinya dengan pupuk non subsidi, petani kini harus merogoh kocek lebih dalam hingga sebesar 250 ribu Rupiah per karung.

Akso (34) salah satu petani jagung dan padi asal Kecamatan Lalan mengatakan, kelangkaan pupuk mulai dirasakan sejak sembilan bulan terakhir ini dengan hilangnya pupuk bersubsidi di pasaran khususnya jenis Urea.

Kondisi tanaman padi dan jagung milik petani yang kurang mendapatkan Pupuk berdampak pada pertumbuhan tanaman, sehingga petani bisa merugi puluhan juta rupiah.

“Saya mencari di Agen atau pengecer di sekitar tempat tinggal semuanya kosong, sehingga harus mencari di luar kecamatan lalan meskipun dengan harga yang sama tapi dengan jarak tempuh yang jauh. Sehingga menambah biaya lagi hal ini membuat petani resah dan sekarang lebih di dominasi menggunakan pupuk non subsidi saja, sehingga tidak sebanding antara modal dengan penjualan hasil panen,ā€¯jelasnya Kamis (10/9/2020)

Sementara itu di tempat terpisah Mujiono (35) semenjak sembilan bulan ini memang sangat sulit dan langka sekali untuk mendapatkan pupuk subsidi. Pada tahun sebelumnya kami bisa memupuk hingga 20 karung per dua hektare, namun di tahun 2020 hanya mendapatkan 5 karung per dua hektare. “Kami hanya bisa mengeluh kepada pemerintah supaya apa yang di butuhkan para petani bisa terpenuhi dan kami berharap supaya bisa mendapatkan kebutuhan pupuk dengan harga yang terjangkau,”harapnya.

“Ya, kalau kelangkaan pupuk ini terus menerus terjadi seperti ini bisa saja para petani beralih fungsi menjadi tanaman perkebunan dan yang dulunya di gembar gemborkan daerah lumbung pangan kini menjadi sirna akibat kelangkaan pupuk yang terjadi di beberapa bulan terakhir ini,”tutupnya.(Ben/tim)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*