Sebelum Banjir Datang Warga Karang Raja Kompak Bersihkan Kolam Retensi

PRABUMULIH,PRESTASIPOST.COM_Belum adanya perhatian dari Pemerintah setempat warga berinisiatif dengan bergerak sendiri membersihkan kolam retensi yang dipenuhi tumbuhan Enceng Gondok.

Kolam retensi yang berfungsi untuk menampung air sementara dari saluran pembuangan kini mulai dibersihkan warga, Rabu (23/09/2020). Pantauan dilapangan, warga gotong royong membersihkan kolam yang berada di RT 02 RW 02, Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih itu.

Gotong Royong tersebut merupakan bentuk dari kepedulian akan kebersihan lingkungan dan juga tindakan untuk penanggulangan dari banjir saat musim hujan tiba.

Seperti dipemberitaan sebelumnya, pengamat lingkungan Syamsul Asinar Radjam mengatakan, kondisi kolam dipenuhi rerumputan dan tumbuhan Enceng Gondok.

Disamping itu kondisi siring yang ada disekitar kolam juga terlihat dipenuhi sampah, sehingga aliran air menuju kolam sangat menjadi terhambat.

“Persoalannya sekarang, kolam retensi itu setelah dibangun tidak pernah di kontrol lagi, bagaimana pengendapan pasir, sampah, plastik yang tidak terkendali, itu tidak pernah di kontrol dengan baik oleh pemerintah setempat,” kata Syamsul.

Ia mengatakan, seharusnya pembersihan tempat penampungan air harus dilakukan secara periodik minimal tiga kali setahun, yakni pada saat penghujung musim kemarau, pada saat masa transisi kemarau ke musim penghujan.

“Pada saat kegiatan masyarakat yang sering mancing di kolam retensi pasti menghasilkan sampah, hal itu harus di kontrol agar tidak terjadi penumpukan sampah,” katanya.

Namun Alumni Unsri itu juga mengatakan, perilaku masyarakat dengan reformasi prilaku yang menjadi kata kunci untuk kenyaman masyarakat dalam persoalan ini.

“Tetapi persoalan sekarang, ada tidak ketersedian tempat sampah yang memadai, ada tidak kepatuhan masyarakat untuk hal itu,” katanya.

Sementara itu, Lurah Karang Raja Jusmeri mengatakan, nanti kalo sudah tidak sibuk pihak Kelurahan akan mengecek kolam retensi.

“kalau sekarang kami pihak kelurahan sedang banyak pekerjaan, nanti akan kami cek ke kolam retensi,” katanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*