Pemkot Prabumulih Gandeng Bank Sumsel Babel Prabumulih Salurkan Bantuan Untuk Pedagang

PRABUMULIH,PRESTASIPOST.COM_Di penutup tahun 2020 Pemerinta kota Prabumulih melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyalurkan bantuan berupa Gerobak dan Etalase untuk pedagang keliling dan kuliner yang ada di kota Nanas.

Sebanyak 100 unit Gerobak dan 25 Unit Etalase di serahkan langsung oleh pemkot Prabumulih untuk pedagang siang itu, Rabu 23 Desember 2020.

Selain itu Pemkot juga menggandeng Bank Sumsel Babel kota Prabumulih, untuk memberikan bantuan tambahan berupa pinjaman modal usaha sebesar Rp 1 juta kepada pedagang.

Walikota Prabumulih Ir Ridho Yahya mengatakan, bantuan tersebut merupakan cara dari pemkot untuk menjadikan masyarakat kota Prabumulih lebih mandiri lagi meskipun di tengah pandemi.

“Sebenernya ini sesuai dengan konsep kita lebih baik memberikan pancing dari pada memberikan ikan, lebih baik kita memberikan bantuan seperti ini dapat berjangka panjang kalau di berikan uang cash takutnya habis sia-sia,”terangnya.

Untuk mendapatkan itu semua, lanjut Ridho, pemkot akan mendata calon penerima bantuan apakah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Selain itu ada kesepakatan antara pemkot dan pedagang sebelum menerima bantuan agar tidak disalah gunakan.

“Kita menurunkan tim untuk memverifikasi dan monitoring aset di lapangan, sebelumnya sudah ada perjanjian kalau sampai tidak digunakan sesuai dengan fungsi dan peruntukannya agar segera dikembalikan lagi ke pemkot. kalau sampai dijual akan ada sangsi Hukum sesuai dengan isi perjanjian tersebut,”tegas Ridho.

Sementara itu ditempat yang sama, Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel kota Prabumulih Tian Kadaumpu Yamin mengatakan, Bank Sumsel Babel juga memberikan bantuan berupa pinjaman modal dengan bunga lunak sebanyak Rp 1 Juta per orang.

“BSB memberikan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 1 Juta bagi siapa yang mau saja tidak diharuskan, nantinya pinjaman itu akan dibayar dengan angsuran sebesar Rp 85 ribu perbulan selama setahun. Tapi sebelumnya selain melengkapi persyaratan, kita akan cek terlebih dahulu data yang ada di Disperindag kota Prabumulih, “bebernya.

Menurut Tian pinjaman yang diberikan BSB kota Prabumulih tidak memberatkan pedagang karena selain bunganya kecil, pinjaman ini juga di angsur dengan nilai cukup rendah.

“Semoga dengan disalurkan bantuan ini, para pelaku usaha di Bumi Seinggok Sepemunyian dapat membangkitkan lagi gairah ekonomi ditengah Pandemi,”tutup tian. (E)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*