previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

Home / BUDAYA / DAERAH / LINGKUNGAN / NASIONAL

Selasa, 4 Februari 2020 - 04:10 WIB

Dinas Pertanian Prabumulih Gencar Lakukan Vaksinnasi Pada Hewan

PRABUMULIH,PP_Dinas Pertanian Kota Prabumulih melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan vaksinasi pada Hewan Penular Rabies (HPR) seperti anjing, kucing dan monyet. Giat rutin ini dilakukan untuk mencegah penularan penyakit rabies terhadap hewan peliharaan yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada hewan.

Kepala Dinas Pertanian, Drs Syamsurizal SP MSI melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Iswan Hadi menjelaskan, sebelum melakukan vaksin pihaknya telah menyampaikan surat edaran dari tingkat desa dan kelurahan agar menyampaikan giat vaksin rabies kepada warga yang memiliki hewan peliharaan.

“Kita sudah bentuk dan sebar tim vaksin rabies untuk turun ke lapangan. Giat vaksin rabies ini dilakukan door to door ke rumah-rumah warga yang memiliki hewan peliharaan. Dan vaksin ini gratis tidak dipungut biaya,” ujar Iswan saat dikonfirmasi, Selasa (04/02/2020).

Baca Juga |  Dinkes Prabumulih Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Yonkav-5 DPC Karang Endah

Lebih lanjut Iswan menuturkan, Giat vaksin rabies akan dilakukan selama satu bulan ke depan selama Februari 2020. Sejauh ini vaksin akan dilakukan bagi pemilik hewan peliharaan yang telah terdata di Dinas Pertanian.

“Bagi warga yang merasa memiliki hewan ternak silahkan menghubungi pihak kelurahan atau kantor desa. Tim kami akan jemput bola untuk mendatangi sesuai jadwal. Atau datang langsung ke Dinas Pertanian,” jelasnya.

Iswan menuturkan, untuk mencegah penyakit rabies terhadap hewan hendaknya warga yang memiliki hewan peliharaan tidak meliarkannya. Mengingat penyakit rabies dapat menular dari hewan satu ke hewan lainnya melalui gigitannya.

Baca Juga |  Diduga Menghindar Dari Awak Media Kapolantas Suka Maju Pergi Saat Mau DiKonfirmasi

Adapun tanda-tanda hewan yang terjangkit virus rabies yakni hewan tersebut menunjukkan perubahan perilaku, bersifat agresif, tidak mau makan dan sudah tidak mengenali pemiliknya. Jika sudah demikian hewan tersebut harus diisolasi dan dimusnahkan agar tidak menular kepada hewan lainnya.

“Keberadaan rabies ditakuti oleh masyarakat karena termasuk penyakit infeksi virus yang dapat menular dari hewan ke manusia melalui gigitan hewan peliharaan yang terinfeksi rabies. Untuk itu vaksin ini dilakukan sebagai pencegahan terhadap virus rabies,” tandasnya.

Share :

Baca Juga

DAERAH

Pemkot Prabumulih Gandeng Bank Sumsel Babel Prabumulih Salurkan Bantuan Untuk Pedagang

DAERAH

Kapolres Prabumulih Tinjau Stok Masker di Apotek

DAERAH

Terkait Kebakaran Penyulingan Minyak Ilegal, Ini Kata Kapolres Muba Dan Camat Babat Toman

NASIONAL

Ketua Umum SMSI: Tingkatkan Kualitas dan Karya Jurnalistik

DAERAH

Tanjung Telang Berdar4h, Terjadi Pembunvhan Gegara Ayam

DAERAH

Korwil Alfamart Bersama Sat Intelkam Polres Prabumulih Imbau Pengunjung Terapkan Prokes

DAERAH

DPP/ LSM GTPK Muba Gelar Musyawarah Susun Prokja

DAERAH

Tingkatkan Pelayanan Publik, Polres Prabumulih Luncurkan Aplikasi ” Sicepat “