previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

Home / BUDAYA / DAERAH / NASIONAL

Minggu, 8 Desember 2019 - 04:14 WIB

Enam Kecamatan di Muara Enim Siap Bentuk Kabupaten Baru

MUARAENIM,PRESTASIPOST.COM_Upaya percepatan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di wilayah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (sumsel) terus dilakukan.

Saat ini upaya percepatan pemekaran Kabupaten tersebut dilakukan dengan pembentukan tim terintegrasi setiap kecamatan yang melibatkan sejumlah unsur, mulai dari eksekutif, legislatif, tokoh masyarakat, adat dan agama.

Seperti yang dilakukan di Balai Desa Sugih Waras Barat yang dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. H. Amin Rejo, MP, H. Juhardi Jemaras, Romel Tj. Raya, Jonekson, Rani, Asnel, Edi Safari dan Yasdi, Minggu (8/12/2019) sekira pukul 13.30 WIB.

“Sementara ini kita baru mengatur dan menyusun strateginya. Menelaah persyaratan-persyaratan untuk kesehatan buah (DOB) sembari studi banding ke tempat presidium yang sudah berhasil,” ujar Usman Firiansyah SH, Minggu (8/12/2019).

Ia juga mengatakan, rencana pembentukan tim terintegrasi setiap kecamatan ini sudah disepakati bersama melalui pertemuan yang sebelumnya telah dilakukan.

Bahkan, kata dia rencana DOB yang semula digaungkan hanya dari lima kecamatan diantaranya, Kecamatan Rambang Niru, Empat Petulai Dangku, Rambang, Lubai dan Lubai Ulu untuk pemekaran wilayah menjadi Kabupaten, kini bertambah satu kecamatan lagi ikut bergabung yakni Kecamatan Belimbing Jaya.

Baca Juga |  Tampil Apik Muba Old Star Tekuk Camat 5-3

“Betul jadi ada enam Kecamatan Belimbing Jaya sudah sepakat untuk menjadi kabupaten baru (DOB). Dan sebagai ketua Presidium Kecamatan Rambang terpilih tadi adalah Edi Safari,” katanya.

Adapun untuk pembentukan kabupaten sendiri, menurut pengacara ini, itu merupakan hal teknis yang akan dibahas di internal tim seperti apa langkah dan upaya yang akan diambil.

“Berfikir maju, berjiwa besar, semangat membara, berjuang tanpa menyerah, berani karena kebenaran, santun, sabar, tekun dan tawadduh. Karena ini prasyarat berhasilnya suatu perjuangan besar. Awali dengan Bismillahirrohmaanirrohiem, semoga perjuangan ini bernilai ibadah dan Insya Allah dapat menjadi amal jariah bagi kita semua,” pesannya.

Diketahui sebelumnya, wacana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di wilayah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (sumsel) selain dikemukakan oleh tokoh yang saat ini sedang melakukan penggodokan pemekaran kabupaten baru bernama Gelumbang, juga muncul ide untuk pemekaran lima kecamatan lainnya yakni, Rambang Niru, Empat Petulai Dangku, Rambang, Lubai, dan Lubai Ulu.

Baca Juga |  Lomba Masak Nasi Tumpeng di Yonkav 5/DPC Karann Endah, Ibu Persit KCK Turun Tangan

Wacana pembentukan DOB itu diketahui setelah ada rencana pertemuan yang akan digelar oleh sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang dilakukan pada Rabu (4/12/2019) sekira pukul 14.00 WIB mendatang.

Kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh Tokoh Rambang diantaranya, Prof. Amin Rejo, H Amat Tajuddin, Prof. Bandi Hermawan, Usman Firiansyah SH, Trisno Marhadi, H. Abson, H Juhardi, Drs Aris Mawan, Aswandi, Sutrisno lubai Ulu, Santo Kumar, Apri Amrullah SH, Drs MIdian, Ponto, H Umam Fajri, Muslim J.H, Mukhlis Trijaya, Yendi Finatra, Yudi Suhandi, Hengki Triansyah, Umar Salam, Feri Yanto, Indera Gerinam serta sejumlah tokoh pemuda lainnya.

“Insyaallah akan diadakan Urun Rembuk Awal. Kegiatan ini nanti akan mengkaji potensi Kabupaten Baru yang terdiri 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Rambang Niru, Empat Petulai Dangku, Rambang, Lubai, dan Lubai Ulu. Untuk rencana pertemuan jam 14.00 hari Rabu tanggal 4 Des 2019 nanti, tentang tempat akan disampaikan H-1,” ungkap Usman Firiansyah SH, Minggu (1/12/2019) lalu. (E09)

Share :

Baca Juga

DAERAH

Beres..!!! Pipa Bocor di Tanjung Muning Selesai di Atasi PT Pertamina EP Asset 2 Limau Field

BUDAYA

Pemkot Prabumulih Berikan Bonus Untuk Atelt Porprov dan Peparprov

DAERAH

Sepeda Motor Vs Kereta Api, Ini Identitas Korbannya

NASIONAL

Prabumulih Kota Kecil Dengan Jaringan Gas Rumah Tangga Terbanyak Di Indonesia.

DAERAH

Tanggap Darurat Jalan Desa Rukun Rahayu-Sungai Menang Sepanjang 7 KM

DAERAH

Tak Pasang Papan Proyek, Diduga Pembangunan Jalan Desa Tebing Bulang – Sungai Dua Proyek Siluman

DAERAH

Salah Satu Kontingen Porprov Buang Sampah Sembarangan di Sekitar Area Mes Atlet

DAERAH

BSB Prabumulih Salurkan Bantuan CSR, Ibu Hosia Kecipratan Bedah Rumah