previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

Home / DAERAH / KRIMINAL / NASIONAL

Jumat, 6 Maret 2020 - 06:20 WIB

Mantan Dirut PDAM kota Prabumulih Divonis 1,3 Tahun Penjara

PRABUMULIH,PRESTASIPOST.COM_Hakim pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor) palembang pada 3 maret 2020 lalu, akhirnya memutuskan kasus IS, terdakwa tipikor di perusahaan daerah air minum (PDAM) tirta prabujaya kota prabumulih.

IS sudah ditahan sejak 5 desember 2019 lalu. mantan direktur PDAM prabumulih ini divonis pidana 1 tahun 3 bulan kurungan penjara dan denda Rp50 juta, serta membayar uang pengganti sebesar Rp.266 juta rupiah.

“Jika tidak membayar denda tersebut, maka ditambah subsider selama satu bulan kurungan. Sedangkan kerugian negara Rp sebesar Rp.266.982.945,33 yang harus dikembalikan terdakwa. Saat ini yang bersangkutan telah membayar kerugian tersebut,” ujar Kepala Kejari Prabumulih, Toping Gunawan SH MH melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Wan Susilo Hadi SH kepada KS.com, Jumat (6/3/2020).

Baca Juga |  Puluhan Pengemis dan Pemulung Diamankan, Sekda : Kalau Besok Masih Bandel Kita Kerangkeng di Rusunawa

Sejak putusan hakim, jika terdakwa tidak ada mengajukan banding dalam tujuh hari, maka vonis tersebut akan inkrah. Namun, usai majelis hakim membacakan vonis tersebut, terdakwa langsung menyatakan pikir-pikir. Begitu juga dengan JPU tindak pidana khusus kejaksaan negeri prabumulih yang diwakilkan oleh JPU rizki nuzly ainun S.H.,M.H.

Baca Juga |  Lucunya,Bayi SGM Ananda Merayakan Ulta Perdananya

Dalam perkara ini ada belasan saksi yang sudah dipanggil untuk dimintai keterangan. Selama masa penahanan hingga penuntutan, terdakwa disebutkan jaksa cukup kooperatif. Meski tidak membawa pengacara dalam kasusnya, terdakwa didampingi kuasa hukum dari pengadilan tipikor palembang karena masa tuntutannya di atas lima tahun.

Sampai detik ini, terdakwa mengaku bahwa dia bermain sendiri dalam kasus penggelapan uang perjalanan dinas PDAM tirta prabujaya kota prabumulih. (E09/dn)

Share :

Baca Juga

DAERAH

ABG Ditemukan Tak Bernyawa di Dalam Sebuah Sumur

DAERAH

Rotasi di Tubuh BSB kota Prabumulih, Wendy Gantikan Nina Sebagai Wapimcab

DAERAH

Masih Perawan, Jalan Desa Sumber Harum dan Desa Sido Mulyo Tak Tersentuh Pembangunan

DAERAH

Potensi Bisnis Media Siber di Sumsel Peringkat Pertama di Indonesia

BUDAYA

Alhamdulillah, Ibu Fauziah Telah Sembuh Dari Covid-19

NASIONAL

RDP Soal Djoko Tjandra, Aziz Syamsuddin Tetap Ikuti Aturan

DAERAH

Kurniadi Bantah Adanya Dugaan Penyalagunaan Wewenang

DAERAH

Batalyon Kavaleri 5/DPC Terima Tim Wasrik Inspektorat Kodam II/SWJ