previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow
Slider

Home / LINGKUNGAN

Rabu, 28 April 2021 - 16:00 WIB

Pembayaran Uang Ganti Rugi Lahan, Kegiatan Sismik di Tanah Abang Selatan Berjalan Lancar dan Kondusif

PALI, PRESTASIPOST.COM – Aktivitas kerja seismik 3D Blok Chrysant PT.Pertamina EP yang di kerjakan PT Bureau Geophysical Prospecting (BGP) Indonesia di wilayah Pali, Prabumulih dan Muara Enim Sumatera Selatan sudah memasuki tahap akhir.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, masuknya tahap akhir projek Seismik ditandai dengan pembayaran uang ganti rugi oleh pihak perusahaan terhadap warga yang terdampak kegiatan tersebut.

Untuk wilayah Kabupaten PALI sendiri, tahap penyaluran uang ganti rugi atas lahan milik warga yang terdampak projek Seismik di Desa Tanah Abang Selatan berlangsung hari ini, uang ganti rugi yang di bayarkan oleh PT.Pertamina EP melalui Kontraktor Pelaksana PT.BGP Indonesia berjalan dengan aman dan kondusif.

Hal itu terpantau di kantor Desa Tanah Abang Selatan kabupaten Pali, pembayaran di lakukan secara transparan dan langsung kepada pemilik lahan dan disaksikan oleh Tripika serta pemerintah desa, serta tidak ada sistim penitipan pembayaran kepada pemerintah setempat.

Dari beberapa sumber pemilik lahan yang telah menerima uang kompensasi mengatakan, dari awal hingga akhir aktivitas Seismik di daerah Tanah Abang semua berjalan lancar tidak ada yang dirugikan oleh pihak perusahaan . Bahkan sampi ke titik pembayaran semua berjalan dengan kondusif.

Baca Juga |  Guna Meningkatkan Pemahaman Penangkapan Sesuai Dengan (SOP), Satres Narkoba Gelar Palatihan Teknis Fungsi Narkoba

“Kami dapat pemberitahuan dari perangkat desa bahwa lahan kami akan dilalui kegiatan pengeboran dan perekaman pencarian sumber Minyak dan Gas Bumi, hari ini kami mendapat ganti rugi dari pihak perusahaan, yang pasti tidak ada warga yang dirugikan,” katanya.

Sementara itu, Erwadi kepala desa Tanah Abang Selatan mengharapkan di desanya ditemukan sumber Minyak atau Gas Bumi setelah selasai kegiatan Seismik.

“Kami berharap di desa kami banyak ditemukannya sumber Minyak dan Gas Bumi, sehingga kami bisa mendapatkan penghasilan lebih dari temuan itu.

Selain itu, Kades juga berharap kepada pihak perusahaan agar dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat, mengingat tali silaturrahmi yang sudah terikat baik selama ini.

“Untuk memperkental kerjasama antara perusahaan dan masyarakat kami berharap pihak perusahaan dapat berkontribusi untuk masyarakat disekitar sini. Untuk itu kami dari pihak pemerintah desa akan terus menjalin dan menjaga komunikasi dengan pihak perusahaan yang selama ini sudah tercipta, meski pun kegiatan Seismik telah berakhir,” ucap Kades.

Baca Juga |  Didampingi Sekda, Walikota Prabumulih Serahkan Langsung Bantuan Kementrian Pertanian

Terpisah, Jumadi Achmad, Kepala Humas PT.BGP Indonesia membenarkan kegiatan seismik di wilayah kecamatan Tanah Abang kabupaten PALI sudah memasuki tahap akhir.

“Alhamdulillah dengan adannya pembayaran uang ganti rugi atas lahan milik warga yang dilalui atau menjadi titik pemboran maupun ganti rugi atas rumah yang terdampak kegiatan Seismik menandakan kegiatan kami telah berakhir. Kami sampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan pemerintah desa yang telah membantu kegiatan Seismik dari awal hingga akhir. Untuk nominal ganti rugi kita mengacu pada aturan yang berlaku. Sedangkan pemilik lahan yang menerima ganti rugi telah didata sebelumnya melalui pemerintah desa,” terang Jumadi. (E**)

 

 

Share :

Baca Juga

DAERAH

Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang Sebuah Rumah Rusak Berat

DAERAH

Miris, Jalan Akses Menuju Dusun 06 Desa Bukit Indah Banjir Setinggi 1,5 M, Warga Terancam Banjir Terisolir

DAERAH

DPRD kota Prabumulih Tanggapi Keluhan Masyarakat Gunung Kemala dan Payuputat

DAERAH

Eksekusi Lahan Sengketa di Lembak Tanpa Ada Perlawanan

DAERAH

Eti Susanti, Mengaku Salah dan Kini Ia sangat Menyesali Perbuatannya Itu

BUDAYA

PWI Prabumulih Terima Bantuan Sembako Dari PT Pertamina Asset II

DAERAH

Pemkot Kembali Tinjau PTM Serta Lakukan Survei ke Pengatur Jarak dan Batas Pedagang

DAERAH

Pemuda Pancasila Prabumulih Turut Serta Perangi Wabah Covid-19